Laporan Keterangan Penyelenggaraan Pemerintahan Desa Tahun Anggaran 2022

 

Pemerintah Desa Bangun Rejo gelar Laporan Keterangan Penyelenggaraan Pemerintah Desa (LKPPD) Tahun Anggaran 2022 Bertempat di Pendopo Kantor Desa Bangun Rejo Jalan Pahlawan No.5 RT.16 pada hari Selasa, 21 Maret 2023. Acara dihadiri oleh Camat yang di wakili Staf Pemerintahan Saili, S.Sos, Kepala Desa Bangun Rejo, Perangkat dan Staf Desa, BPD, LPM, Ketua PKK, Kader Posyandu, Linmas dan RT se-Desa Bangun Rejo. Acara dimulai pukul 09:00 wita sampai dengan pukul 12:00 Wita

Dalam sambutannya Ketua BPD Bangun Rejo Samsuri menyatakan” kami dari BPD support kepada Pemerintah Desa Bangun Rejo dalam menyelenggarakan kegiatan Pemerintahan Desa. dan BPD juga menilai bahwa apa yang sudah dilaksanakan oleh Pemerintah Desa Bangun Rejo sudah sesuai sasaran dan berharap agar untuk kegiatan yang akan dilaksanakan di tahun berikutnya supaya direncanakan lebih baik lagi agar nanti hasilnya sesuai dengan harapan”

 

Kegiatan tersebut berpedoman pada Peraturan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia nomor 46 Tahun 2017 Tentang Laporan Kepala Desa, maka dalam setiap tahun anggaran, Kepala Desa wajib menyampaikan Laporan Keterangan Penyelenggaraan Pemerintahan Desa (LKPPD) kepada Badan Permusyawaratan Desa (BPD), paling lama bulan Maret tahun berjalan.

Sambutan Camat Tenggarong seberang yang di sampaikan oleh Saili S.Sos menyampaikan permohonan maaf bahwa bapak Camat tidak dapat hadir karena ada kegiatan lain. selanjutnya menyatakan bahwa ” kegiatan ini adalah kewajiban bagi setiap pemerintah desa setiap selesainya tahun anggaran sebagai wujud kepatuhan terhadap regulasi dan sebagai informasi kepada masyarakat” tegasnya.

Dalam penyampaian LKPPD tahun 2022 ini, Kepala Desa Bangun Rejo Suprapto, S.H memberikan sambutan dan sekaligus menyampaiakan capaian program pembangunan selatam tahun 2022, di bantu Sekretaris Desa Edy Susilo, S.H menyampaikan rincian capaian kegiatan yang telah dilaksanakan selama tahun 2022, yang tersusun dalam lima bidang, meliputi:

Pendapatan= Rp. 5.389.724.189.00 realisasi 5.391.145.766,04

Belanja =Rp. 5.295.414.904,00

1. Bidang Penyelenggaraan Pemerintahan Desa =2.586.592.762,20 realisasi 96%
2. Bidang Pembangunan Desa = Rp. 1.093.563.270,00 realisasi 98%
3. Bidang Pembinaan Kemasyarakatan= Rp. 1.238.705.000,00 realisasi 95%
4. Bidang Pemberdayaan Masyarakat Desa= Rp.122.444.000,00 realisasi 100%
5. Bidang Penanggulangan Bencana Keadaan Darurat dan Mendesak Desa= Rp. 453.582.252,00 realisasi 99%

Pembiayaan Rp.205.163.093,20

Pengeluaran Pembiayaan= Rp. 100.000.000,00

Silpa Tahun 2022 sebesar Rp. 200.893.955,24

 

setelah menyampaikan laporan program kegiatan dari 5 jenis bidang, selanjutnya Kepala Desa mengucapkan terima kasih kepada BPD dan seluruh peserta rapat yang hadir, karena telah banyak membantu agar tercapainya kegiatan – kegiatan yang telah direncanakan di tahun 2022.

Selanjutnya Kepala Desa memohon dukungan dari segenap peserta rapat untuk terus memberi dorongan masukan kritik yang positif yang bertujuan membangun desa yang lebih baik kedepannya.

Samsuri selaku ketua BPD memberikan hasil evaluasi terhadap kinerja Pemerintah Desa di tahun 2022, yaitu:

1. Kurangnya publikasi terhadap kegiatan-kegiatan yang telah dilaksanakan
2. Pemetaan terhadap lokasi kumuh desa
3. Pembenahan data kemiskinan
4. Penyelesaian data SDGs
5. Maksimalkan pengelolaan sampah RT, dan lainnya.

Penyampaian LKPPD di lanjutkan dengan penyerahan dokumen LKPPD secara simbolis oleh Kepala Desa kepada BPD, dan LPPD Kepada Bupati Melalui Camat yang dalam hal ini diwakili oleh Staf Pemerintahan Kecamatan Tenggarong Seberang ( Saili).

Pembangunan yang bersumber dari dana Aspirasi:

  1. SemenisasiJalan =473 m
  2. Penimbunan Jalan= 1500 m
  3. Normalisasi Parit=2.000 m
  4. Semenisasi Parit=2.338 m
  5. Embung = 2 x 25 x 35 m

 

Pembangunan yang bersumber dari ABPDesa:

  1. Semenisasi jalan= 103 m
  2. Pengurukan Jalan= 704 m
  3. Normalisasi parit= 500 m
  4. Semenisasi parit= 48 m
  5. Rehab Rumah= 3 Unit

 

#Kukar#Tenggarongseberang#Bangunrejo#LPPD